Maker Pico Impression

Raspberry Pi Foundation bekerja dengan senyap saat mempersiapkan produk terbarunya yaitu Raspberry Pi Pico, sebuah microcontroller dengan chip buatan sendiri RP2040. Setelah rilis 21 Januari 2021 yang lalu, banyak influencer terkenal yang membuat video review secara serempak dan tidak lama kemudian beberapa distributor mengembangkan hardware untuk menggunakan Pico dengan lebih mudah sebagai sarana edukasi.

Antusiasme terhadap Pico sangat tinggi sehingga banyak reseller yang menjualnya 1 keping untuk satu orang, atau membeli dalam bundle 3 pcs yang harganya justru lebih mahal 10%. Saya memesan 3 pcs tersebut secara pre-order sejak 23 Januari dan barang baru tersedia 1 bulan kemudian untuk mulai proses pengiriman.

Seorang saudara yang tinggal di Thailand, menginformasikan kalau dia mendapatkan Maker Pico dari Cytron Malaysia seharga 4$ yang sedang promo launch. Sayangnya Maker Pico tersebut sudah sold-out. Jadi saya ikutan pre-order jika barang tersebut tersedia kembali dan begitu mendapat email notifikasi sekitar 19 Feb tentang back-in -stock, tidak pakai lama saya langsung confirm.

Produk tersebut saya terima hari Jumat 26 February 2021, jadi weekend ini bisa sedikit main-main dengan Maker Pico. Ini adalah wujud dari Maker Pico saudara dari Maker UNO.

Maker Pico : Raspberry Pi Pico dengan akses IO yang lebih dipermudah
Pico at closer look
RP2040

Maker Pico membundle komponen-komponen dibawah ini berssama Pico yang sudah tersolder:

  • Slot micro sd card
  • socket ESP-01
  • Piezo buzzer dan toggle switch untuk mute
  • 1x Neopixel
  • 3x push button
  • 3.5 mm stereo audio jack
  • female header untuk semua I/O pin
  • 6 grove connector
  • debugger I/O breakout

Hal yang sangat positif tentang Maker Pico ini adalah semua komponen ada di satu sisi sehingga sisi bawah menjadi datar. Maker PICO tidak menyia-yiakan tempat untuk dipakai dalam menuliskan informasi/GPIO mapping sehingga kita tidak perlu lagi selalu melihat ke website/print untuk membaca Pin.

Build quality bagus, PCB solid dan perfect finish! Dimensi memang jadi terasa besar, sedikit lebih besar malah jika dibandingkan dengan Raspberry Pi 2/3/4. Tapi bukan jadi soal.

Produk ini sudah sold/out saat ini, kendala utama adalah ketersediaan dari Pico-nya sendiri. Produk semacam Maker Pico sudah memiliki banyak pendahulunya seperti BBC Microbit, Adafruit Circuit Playground dan produk sepert ini sangat menarik untuk dipakai memperkenalkan programming ke anak-anak.

Saya sudah memperkenalkan programming microcontroller kepada anak-anak dengan menggunakan Wemos D1 Mini karena pertimbangan ekonomis yang lebih mudah dijangkau bagi mereka yang mencoba pertama kali. Orang tua pun akan selektif untuk memfasilitasi anak-anak mereka dengan alat yang lebih murah dulu sebelum beranjak ke alat yang lebih mahal. Kedepannya, apakah saya akan menggunakan Pico untuk mengajar? Jawabannya tentu bisa. Tetapi saya harus diskusi dengan seller untuk menemukan cara terbaik agar harga landed di Indonesia yang kurang bersahabat.

Sekian perkenalan dengan maker pico. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s